Sekilas Tentang Vihara Bodhigiri
(Panti Semedi Balerejo)

 

Tempat nan indah dan sejuk setinggi 550 m dari permukaan laut dengan luas hampir 60.000 m2 ini adalah merupakan tempat ideal untuk melatih meditasi. Latihan meditasi adalah merupakan latihan mengendalikan pikiran, ucapan serta perbuatan yang merupakan perilaku utama dalam menghayati Ajaran Sang Buddha.

Untuk sementara ini, latihan meditasi di Vihara Bodhigiri atau dahulu disebut sebagai Panti Semedi Balerejo baru diadakan pada bulan Juli sampai dengan bulan Oktober setiap tahunnya yang lebih dikenal dengan masa vassa. Masa vassa adalah masa tiga bulan para bhikkhu tinggal di satu tempat tertentu untuk lebih giat berlatih diri dalam bermeditasi. Selama masa vassa itu pula para peserta meditasi di Vihara Bodhigiri atau Panti Semedi Balerejo dapat berlatih bersama dengan Bhikkhu Uttamo.

Adapun prosedur untuk dapat mengikuti latihan meditasi bersama di Vihara Bodhigiri adalah :
1. Mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan email melalui fasilitas “Hubungi Kami” di web Samaggi Phala. Cantumkan pula beberapa alternatif tanggal datang dan pulang, termasuk jumlah orang (pria dan wanita) yang akan mengikuti latihan meditasi. Calon peserta yang langsung datang ke Vihara Bodhigiri tanpa mendaftarkan diri terlebih dahulu kemungkinan besar tidak akan diterima karena tempat yang sangat terbatas.

2. Email yang masuk akan dibalas untuk diberikan kepastian ada atau tidak ada tempat di Vihara Bodhigiri.

3. Bila telah diterima sebagai peserta latihan bersama di Vihara Bodhigiri, maka silahkan datang pada waktu yang telah ditentukan atau disepakati.

Sangat dianjurkan peserta yang datang mempersiapkan diri dengan :

a. Telah menyaksikan dan memahami dengan baik seluruh penjelasan yang disampaikan Bhikkhu Uttamo dalam tayangan video berjudul “Pengenalan Dasar Meditasi dan Syarat Berlatih di Vihara Bodhigiri” sebagaimana yang terdapat di bagian bawah halaman ini.
b. Pakaian hangat karena cuaca di Vihara Bodhigiri yang cenderung berangin serta latihan meditasi banyak dilakukan di alam terbuka.
c. Senter, karena suasana Vihara Bodhigiri yang cenderung gelap.
d. Buku Catatan untuk mencatat berbagai hal tentang pengalaman meditasi maupun waktu meditasi yang sudah dijalani.
e. Digital Alarm, atau penanda waktu digital yang bermanfaat untuk menandai selesainya satu sesi meditasi.
f. Obat-obatan pribadi yang mungkin dipergunakan dalam kondisi tertentu.

4. Selama berada dan berlatih meditasi bersama di Vihara Bodhigiri peserta hendaknya mentaati peraturan vihara. Peserta tidak diperkenankan menghidupkan handphone maupun sarana komunikasi lainnya. Peserta tidak diperkenankan berbicara dengan sesama peserta latihan meditasi bersama. Peserta hendaknya bisa menjaga ketenangan serta kebersihan kompleks vihara. Peserta dilarang merokok dalam kompleks vihara. Peserta wajib setiap hari mengikuti kebaktian pagi.

5. Semua peserta hendaknya telah mempersiapkan diri dengan baik agar sudah mampu duduk diam tidak bergerak dalam posisi meditasi selama minimal 30 menit.

6. Semua peserta sejak hari pertama sampai saat kepulangan sudah harus mampu melakukan meditasi duduk, berdiri dan berjalan selama total 15 jam atau lebih dalam waktu 24 jam sebelum beristirahat di kamar yang telah dipersiapkan.

7. Selama berlatih meditasi di Vihara Bodhigiri peserta hendaknya selalu mengembangkan kualitas batin Disiplin, Semangat dan Ulet.

8. Peserta meditasi yang tidak mentaati aturan di atas dapat segera dipulangkan atau diminta meninggalkan kompleks Vihara Bodhigiri.

9. Agar mendapatkan gambaran dari pengalaman mereka yang sudah pernah berlatih meditasi bersama di Vihara Bodhigiri, silahkan buka artikel berikut ini :

a. Sharing pengalamanmeditasi  di Balerejo 1

b. Sharing pengalaman meditasi di Balerejo 2

c. Sharing pengalaman meditasi di Balerejo 3

Sebagai keterangan tambahan, untuk lebih meningkatkan kemampuan berkonsentrasi selama meditasi, pelaku meditasi biasanya mengawali latihan dengan melakukan upacara ritual tertentu. Namun, agar meditasi dapat lebih bersifat universal serta dapat dilakukan oleh siapapun juga dengan apapun agama maupun kepercayaan yang dianutnya, maka baru-baru ini, Panti Semedi Balerejo dan Vihara Samaggi Jaya telah menerbitkan satu CD Audio. CD Audio berjudul Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta yang diciptakan oleh salah satu komponis berbakat di Indonesia, Addie MS ini dimaksudkan untuk mengantarkan seseorang agar lebih mudah berlatih meditasi. Dengan CD Audio ini, diharapkan setiap orang mempunyai kesempatan berlatih meditasi sesuai dengan pengertian masing-masing.

CD Audio pengantar meditasi ini menjadi CD pertama yang diciptakan oleh komponis Indonesia. Oleh karena itu, penerbitan CD tersebut telah mendapatkan penghargaan dari MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) dengan no. 2297/R.MURI/I/2007.
Informasi tentang penghargaan MURI ini dapat dilihat pada bagian lain di web Samaggi Phala ini.

Selain itu, di bagian ini dapat pula diketahui sekilas tentang keadaan Panti Semedi Balerejo dan terdapat pula peta menuju lokasi yang bisa di cetak untuk dijadikan petunjuk perjalanan menuju ke lokasi latihan meditasi. Saat ini kondisi jalan ke lokasi telah diaspal seluruhnya. Dengan demikian, segala jenis kendaraan dapat melaluinya, termasuk bis pariwisata.

Untuk berkunjung ke Panti Semedi Balerejo, akan lebih baik apabila menghubungi terlebih dahulu :

Vihara Samaggi Jaya
Jl. Ir. Soekarno 67
(dahulu Jl. Slamet Riyadi 21)
Blitar – 66113
Telp. 0342 – 802616
Faks. 0341 – 572965 (pada jam kerja)
email : samaggi_jaya @ yahoo.com

Para sponsor dan donatur yang hendak berpartisipasi dalam pembangunan maupun pengelolaan Vihara, silahkan mengirimkan bantuan melalui :

BODHIGIRI
BCA 6040 64 7579

 

 

Berikut ini, silahkan melihat,  menyimak dan memahami dengan baik tayangan video “Pedoman Dasar Meditasi dan Persyaratan Berlatih Meditasi Bersama di Vihara Bodhigiri” yang disampaikan oleh Bhikkhu Uttamo khusus untuk para calon peserta latihan meditasi bersama di Vihara Bodhigiri.

 

 

 

 

 

 

Posting ini telah dilihat sebanyak :10062